Friendite-Banner-3

Blogs

Perlukah Memakai Cincin Kawin?

  • Cincin kawin merupakan hal yang bisa dikatakan sangat penting bagi seseorang yang sudah melakukan acara pernikahan. Dikatakan demikian karena cincin kawin ini sudah dianggap sebuah simbol akan lambang cinta setiap pasangan serta harus dipakai seumur hidup di pasangan tersebut. Cincin kawin ini biasanya dikenakan pada jari manis tangan kanan seperti pada kebiasaan masyarakat barat pada umumnya.


    Tradisi ini tentunya belum diketahui sejak kapan tradisi mengenakan cincin kawin dimulai. Ada menurut sebuah catatan, adanya pertukaran akan cincin kawin dimulai di negara mesir semenjak 4.800 tahun yang lalu. Pada mulanya cincin kawin ini berupa sebuah alang-alang yang dikepang dan dikenakan melingkar pada jari sebagai ornamen pada diri sang wanita. hal inilah yang kemudian diadopsi oleh bangsa romawi dengan menurut gaya mereka sendiri.

    Sebuah simbol

    Lingkaran pada sebuah cincin kawin merupakan sebuah simbol akan keabadian. Lingkaran pada cincin menandakan simbol yang tidak memiliki ujung. Hal inilah yang kemudian diartikan lagi tidak memiliki akan awal ataupun akhir. Pada bagian ruang atas cincin merupakan sebuah pintu yang mengarah pada peristiwa yang dikenal ataupun tidak dikenal. Apabila ada seorang pria dan wanita saling memasangkan cinci kawin, memperlambangkan cinta mereka tidak memiliki akhir atau merupakan cinta abadi di pasangan tersebut.

    Tradisi

    Dengan berbagai tahap akan sejarah, Cincin kawin telah digunakan pada jari yang berbeda. Dalam sebuah sejarah, tradisi akan mengenakan cincin kawin pada jari manis tangan sebelah kiri berasal dari tradisi romawi. Tentunya hal ini sudah diyakini bahwa vena dari jari tertentu yang dikenal sebagai 'Vena Amoris' terhubung langsung ke jantung.